Monday, December 31, 2012

Evaluasi trading 2012

SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU 2013


Diawal tahun 2012 saya coba menggunakan strategi baru yaitu mencoba menjadi investor, dimana sebagian modal dibelikan suatu saham pilihan yang ada prospek naik sekitar 50% dalam jangka waktu setahun. dan sisa sedikit modal saya buat swingtrade dengan asumsi jaga-jaga kalau ternyata saham yang kita pilih untuk jangka panjang tidak naik/ turun/ malah stagnan. Strategi ini juga saya terapkan kepada member, dimana saya beri rekomendasi untuk jangka panjang 1 tahun (target 50%) dan 6 bulan (target 30%)

Untuk jangka 6 bulan saya beri pilihan BRPT, dan Alhamdulilah belum 6 bulan saham BRPT bisa tembus sampai 40%

Untuk jangka 1 tahun saya beri pilihan TPIA, saham ini banyak bikin member ragu masuk karena tingkat liquiditasnya. Hahaha...jangankan member, saya sendiri aja sempat ragu mau masuk. karena lihat volume tipis dan sedikit kejadian jual beli tiap harinya. Tapi karena teknikal yang bagus membuat saya tidak ragu masuk, dan memang sengaja saya simpan untuk jangka panjang. Jadi saya tidak perdulikan mau dibawa kemana saham TPIA, rencananya nanti akhir tahun 2012 akan saya koreksi lagi saham TPIA dia turun/naik berapa karena sebagai pembelajaran lagi untuk buat strategi di tahun 2013. Tapi syukur Alhamdulilah... ternyata saham TPIA di akhir tahun ditutup bertengger di Rp.4375 dimana rekomendasi buy waktu itu area 2100-2200. Dan penantian panjang berbuah manis bukan 50% lagi tapi sampai 100% dari target yang diharapkan.



Ini sebagai gambaran bahwa di saham, kita menjadi investor pun tidak salah !! Asal pilihan kita memang tepat, karena yang selama ini gambaran tentang "INVESTOR" adalah "NYANGKUTER" atau kata lainnya, orang orang yang sahamnya nyangkut hehe...

Rekomendasi via YM:







Evaluasi yang di dapat di tahun 2012 adalah, mau kita jadi investor ataupun trader itu bukan pilihan yang salah.

Mari kita sambut tahun 2013 dengan mengucap BISMILLAH...semoga kita tetap sehat dan bisa menggapai cita cita baru AMIN.



~petani saham~